• warn risa

    Tautan ke beberapa berkas yang terlampir di sini - untuk sementara - dinonaktifkan. Harap maklum.

  • Asih-Asah-Asuh

    hallo

    The meaningful life can result only from the experience of love and this implies commitment and dedication to another.

    We are each gifted with an enormous but unique potential. However, in our rendezvous with destiny, we have to take chances, run risks, get rejected and be hurt, be knock down and get back up on our feet.

    The only real failure is the one from which we learn nothing.

    Goodfinders are those who look for and find what is good in themselves, in others, and in all situations of life.

    Love person, use things! This is the truth that will set us free.

  • "Anda belum hidup sukses hari ini kecuali telah melakukan sesuatu bagi seseorang yang takkan pernah dapat membalas budi Anda." (John Bunyan)

  • Arsip

  • Kategori

  • Ublemkalen

    November 2008
    S S R K J S M
    « Okt   Des »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
  • Ublemeta

  • Ublemstat

    • 1,271,944 klik
  • Since 2009

    free counters

Domain dalam Teknologi Pendidikan

Domain

Secara etimologis, domain berarti wilayah/ daerah kekuasaan atau bidang kajian/ kegiatan/ garapan yang lebih kecil, terinci dan spesifik dari lahan/ lapangan/ cakupan suatu ilmu. Arti kedua dalam bahasa Indonesia disepadankan dengan kata ranah/ aras.

  • Taksonomi (klasifikasi) Benjamin Bloom, misalnya, memperkenalkan kita pada ranah kognitif (ranah cipta) dalam teknologi pembelajaran dengan tahapan: pengetahuan (knowledge), pemahaman/ pengertian (comprehension), aplikasi (application), analisis (analysis), sintesis (synthesis), dan evaluasi (evaluation).
  • Taksonomi Krathwohl memperkenalkan kita pada ranah afektif (ranah rasa) dengan tahapan: menerima (receiving), menjawab/ menanggapi (responding), menghargai (valuing), mengorganisasikan/ mengintegrasikan (organizing), pemeranan sesuai dengan nilai baru (characterization by value or value complex).
  • Taksonomi Anita J. Harrow memperkenalkan kita pada ranah psikomotor (ranah karsa) dengan tahapan: gerakan refleks (reflex movements), gerakan dasar (basic fundamental movements), gerakan menanggapi yang menunjukkan pengertian (perceptual abilities), kemampuan jasmani (physical abilities), gerakan terlatih (skilled movements), gerakan yang berkesinambungan (non-discursive movements), yang berbeda dengan taksonomi psikomotor menurut para ahli sebelumnya, seperti Simpson: perception, set, guided response, mechanism, complex overt response, adaptation, origination; Regdale: object motor activities (speed, precision; manipulation or acting with direct reference to an object), language motor activities (movement of speech, sight, handwriting) dan feeling motor activities (movement communicating feeling and attitudes); Guilford: “The seven categories are: power, pressure, speed, stastic precision, dynamic precision, coordination and flexibility.”; Dave: “The categories are imitation, manipulation, precision, articulation, naturalization (mechanism and internalization.”; maupun Kibler cs. yang berusaha melengkapi taksonomi Bloom dan Krathwohl dengan mengembangkan klasifikasi psikomotor berdasarkan ilmu jiwa perkembangan anak (bukan taksonomi yang tersusun hierarkis): gross bodily movements (movements involving the upper limbs, lower limbs, two or more bodily units), finely coordinated movements, nonverbal communication behaviors, speech behaviors)
  • Taksonomi penampilan manusia (human performance) dikemukakan oleh Fleishman dan Quaintance (1984) dengan penambahan ranah teknologi penampilan manusia (human performance technology) oleh Ronald L. Jacobs (1988).

Sedangkan di kalangan teknolog pembelajaran dikenal ranah: Desain, Pengembangan, Perlengkapan, Pengelolaan dan Evaluasi. Titik tolak domain Bloom cs. adalah obyektivitas peserta didik, sedangkan domain Teknologi Pendidikan (TEP) menitikberatkan manfaat pengembangan taksonomi sumber daya manusia dan teknologi dalam teori maupun praktik dengan pendekatan fungsional setiap dan kesatuan domain Desain, Pengembangan, Perlengkapan, Pengelolaan dan Evaluasi.

Kendati demikian tampak jelas penggambaran Richey tentang perbedaan domain dalam kajian TEP sebagai berikut (Figures terlampir dalam format jpg, terpaksa diperkecil pada halaman ini. Agar terbaca lebih jelas, silakan diunduh untuk diperbesar ukurannya sesuai keperluan):

tep15

Ikhtisar Domain of Educational Technology Model and Instructional Technology Model (AECT, 1977) and Domains of the Field, Rita Richey cs. (1994):

tep21

Domain Desain

Desain adalah proses spesifikasi berbagai kondisi belajar. Domain desain mencakup rancangan sistem pengajaran, rancangan pesan/ bahan ajar, strategi pengajaran dan karakteristik pebelajar.

tep31

Domain Pengembangan

Pengembangan adalah proses usaha menjabarkan spesifikasi desain ke bentuk-bentuk fisik, misalnya: materi pelajaran yang dikembangkan melalui media belajar buku-buku pegangan, alat pelajaran/ peraga audio, visual atau audiovisual.

tep4

Domain Perlengkapan

Domain ini mungkin merupakan hal yang paling pelik dan berliku-liku dibandingkan domain lain dalam Teknologi Pembelajaran. Dalam domain inilah digeluti segala hal tentang pendayagunaan media instruksional yang baik untuk mencapai tujuan pengajaran, termasuk urusan pelembagaan serta kebijakan dan peraturan yang dapat mendukung atau sebaliknya menghambat. Domain perlengkapan merupakan bagian usaha mendayagunakan proses dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pengajaran.

tep5

Domain Pengelolaan

Konsep Pengelolaan merupakan bagian integral dari kawasan/ kajian teknologi pembelajaran dan peranan para ahli teknologi pembelajaran.

tep6

Domain Evaluasi

Evaluasi merupakan proses menentukan kesesuaian antara materi pelajaran dan proses belajar. Evaluasi dimulai dengan analisis problem yang merupakan langkah awal penting dalam pengembangan dan evaluasi isi pelajaran karena tujuan dan kendalanya diklarifikasi selama langkah ini dilaksanakan.

tep71

About these ads

3 Tanggapan

  1. Wah.. dapet tambah pengetahuan baru.. makasih..

    Sama-sama. :)

  2. makasih dah banyak membantu saya

  3. makasih ya mas, artikelnya manfaat bgt. bisa mamperkaya bahasa dalam mengerjakan tugas mata kuliah TEP. GO MAP SEM NI DA……..

    Sama-sama. Semoga sukses! :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: