• warn risa

    Tautan ke beberapa berkas yang terlampir di sini - untuk sementara - dinonaktifkan. Harap maklum.

  • Asih-Asah-Asuh

    hallo

    The meaningful life can result only from the experience of love and this implies commitment and dedication to another.

    We are each gifted with an enormous but unique potential. However, in our rendezvous with destiny, we have to take chances, run risks, get rejected and be hurt, be knock down and get back up on our feet.

    The only real failure is the one from which we learn nothing.

    Goodfinders are those who look for and find what is good in themselves, in others, and in all situations of life.

    Love person, use things! This is the truth that will set us free.

  • "Anda belum hidup sukses hari ini kecuali telah melakukan sesuatu bagi seseorang yang takkan pernah dapat membalas budi Anda." (John Bunyan)

  • Arsip

  • Kategori

  • Ublemkalen

    Oktober 2009
    S S R K J S M
    « Sep   Apr »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Ublemeta

  • Ublemstat

    • 1,793,833 klik
  • Since 2009

    free counters

Kain Kafan Turin

SCIENCE-US-ITALY-SHROUDROMA (Reuters) – Seorang ilmuwan Italia mengatakan dia telah mereproduksi Kain Kafan dari Turin, suatu prestasi yang katanya membuktikan dengan pasti bahwa kain linen yang oleh beberapa orang Kristen dianggap sebagai kain kafan Yesus Kristus itu adalah tipuan abad pertengahan. Kain Kafan berukuran 14 kaki 4 inci kali 3 kaki 7 inci (4,4 kali 1,2 meter) yang bergambar mengenaskan, terbalik seperti foto negatif, itu dikatakan orang sebagai gambaran Kristus yang tersalib.

“Kami telah menunjukkan kemungkinan reproduksi sesuatu yang berkarakteristik sama dengan Kain Kafan,” kata Luigi Garlaschelli yang menggambarkan hasil penelitiannya pada sebuah konferensi paranormal akhir pekan ini di Italia utara, hari Senin lalu. Garlaschelli, seorang profesor kimia organik di Universitas Pavia, membagikan laporan penelitiannya itu kepada Reuter berikut beberapa foto pembanding.

Kain Kafan dari Turin menunjukkan bagian belakang dan depan seorang pria berjenggot dan berambut panjang, kedua tangannya terlipat di dada, sementara seluruh kain itu bernoda serupa aliran darah dari luka-luka di pergelangan tangan, kaki dan bagian samping tubuh.

Tes karbon oleh laboratorium di Oxford, Zurich dan Tucson, Arizona pada tahun 1988 menimbulkan sensasi karena Kain Kafan dari Turin itu dilaporkan berangka tahun sekitar 1260 hingga 1390. Kaum skeptis mengatakan hal itu sebagai kebohongan, yang mungkin sengaja dibuat untuk meningkatkan keuntungan bisnis ziarah abad pertengahan.

Namun sejauh ini para ilmuwan telah gagal menjelaskan bagaimana gambar semacam itu dapat tercetak pada kain.

Garlaschelli mereproduksi kain kafan berukuran sama dan menggunakan bahan-bahan serta teknik yang tersedia di abad pertengahan. Mereka meletakkan lembaran kain rata pada seorang relawan dan kemudian menggosok jejaknya dengan pigmen yang mengandung asam. Sebuah topeng digunakan untuk wajah.

Pigmen, noda darah dan keausan

20091006--103547-wor_06Pigmen itu kemudian dituakan secara artifisial dengan memanaskan kain itu dalam oven dan mencucinya sedemikian hingga meninggalkan pola yang serupa dengan gambar pada Kain Kafan. Garlaschelli percaya pigmen pada Kain Kafan yang asli memudar secara alami selama berabad-abad.

Garlaschelli kemudian menambahkan noda darah, membuat lubang-lubang dengan membakar bagian-bagian tertentu, juga lipatan dan kerut dan bagian yang aus serta noda air untuk mencapai efek akhir.

Gereja Katolik tidak mengklaim Kain Kafan Turin itu otentik maupun menjadikannya masalah iman, tetapi menyebutnya sebagai suatu pengingat yang kuat terhadap Kristus. Salah satu relikui yang paling diperdebatkan itu disimpan di Katedral Santo Yohanes Pembaptis di Italia dan jarang dipamerkan. Terakhir Kain Kafan Turin itu dipajang pada tahun 2000 dan dijadwalkan akan dipertunjukkan lagi tahun depan.

Garlaschelli mengharapkan ada pihak yang menguji temuannya. “Kalau mereka tidak memercayai uji karbon yang dilakukan oleh beberapa laboratorium terbaik di dunia, pastilah mereka pun tidak akan percaya padaku,” katanya.

Akurasi dari tes yang dilakukan pada tahun 1988 ditentang oleh beberapa penganut garis keras yang menuduh adanya kontaminasi dalam restorasi Kain Kafan pada abad-abad yang lalu.

Sejarah Kain Kafan yang panjang dan kontroversial

13949Setelah muncul lagi di Timur Tengah dan Prancis, Kain Kafan itu kemudian dibawa oleh keluarga Savoy dari bekas kerajaan Italia ke kediaman mereka di Turin pada tahun 1578. Pada tahun 1983 mantan Raja Umberto II menghibahkannya kepada mendiang Paus Yohanes Paulus.

Kain Kafan terhindar dari kemusnahan pada tahun 1997 ketika terjadi kebakaran yang melanda Kapel Guarini dalam Katedral Turin, tempat Kain Kafan itu disimpan. Seorang petugas pemadam kebakaran telah mempertaruhkan hidupnya untuk menyelamatkannya.

Garlaschelli menerima dana untuk karyanya itu dari asosiasi atheis dan agnostik Italia tetapi mengatakan sumbangan itu tidak memengaruhi hasil penelitiannya. “Uang tidak berbau,” katanya. “Ini dilakukan secara ilmiah. Jika Gereja ingin mendanai saya di masa depan, saya bersedia.”

Sumber: Reuters via Yahoo! News, 6 Oktober 2009 – sekadar informasi dan dokumentasi. Sama sekali tidak dimaksudkan untuk mengundang perdebatan. Apalagi tentang agama.🙂

Satu Tanggapan

  1. apa ilmunya ya biar bisa bikin artikel sekeren ini🙂

    Ini kan hanya hasil terjemahan saya dari artikel berita Reuters yang kebetulan menarik perhatian saya, Mbak. Saya simpan sekadar sebagai ‘catatan’. Terima kasih karena telah sudi berkunjung. Hanacharaka juga keren, kok.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: